Senin, 10 Januari 2011

newbie baker

It's 2011 already :)
Apa resolusimu?
Saya? gak muluk-muluk deh kayanya ... here are mine:
1. Skill masak meningkat
2. Ikutan Toefl preparation dan siap2 apply untuk S2
3. Bisa mengatur waktu dengan lebih seimbang. Work & Life balance. Mengurangi jam-jam lembur di kantor dan menghindari kerja di akhir pekan.

Ngomong-ngomong soal masak, saya mulai merambah dunia per-baking-an.
Di rumah ada oven listrik tapi belum dimanfaatkan maksimal. Dulu banget pernah bikin makaroni panggang, sekali doang, heu3. Tapi karena ovennya kecil dan gak ada api bawah (bikin gosong nih!) jadi males mau praktek2 lagi *lame excuses ;) *

Dan pencerahan itupun tiba saat Ganjar, temen 1 tim, bawa bolu yg super duper enaaaaaaaaaaaak! Lembut, manisnya pas, dan ada kejutan balok keju ditengah2 bolunya. Dia bilang itu dibikinin pacarnya. Sempet ga percaya, karena rasa dan penampilannya "toko" banget. Akhirnya saya dikenalin dan dikasih resep sama pacarnya Ganjar (Hello Irin, if you, by any chance read this post, I owe U darling !!)

So, biar ini resep ga ilang, maklum saya amatir..kalo disuruh bikin lagi pasti langsung bongkar2 catatan resepnya..jadi saya tulis disini aja. Resepnya sendiri saya copy paste dari resepnya Irin, sedikit doang dimodified di kejunya. It's worth to try peeps.

Cake Chiffon Keju

Bahan I

Tepung terigu 150 gr
Kuning telur 6 butir
Vanilli 1/2 sdt
Air 100 ml
Minyak sayur 75 ml

Bahan II

Gula pasir 150 gr
Putih telur 6 butir
Cream of Tartar 1/2 sdt

Bahan III

Keju cheddar 100 gr

- potong dadu untuk campuran
- Sisakan untuk di parut sebagai taburan atas cake

Cara membuat:
1. Campur terigu + air + minyak goreng pada bahan I, aduk sampai rata. Masukkan campuran kuning telur yg sudah dikocok lepas dengan vanilli, aduk lagi sampai menyerupai adonan pasta. Sisihkan.

2. Kocok bahan II sampai kaku. Tandanya kalo dibalik ga akan tumpah.

3. Tuang 1/2 bahan I ke bahan II. Aduk balik adonan 1 arah, sampai rata.
Lakukan hal yg sama untuk sisa adonan lainnya.

4. Tuang 1/2 adonan pertama ke loyang yg sudah dipanaskan sebelumnya tanpa olesan dan lapisan apapun, taburi keju dadu, tutup dengan 1/2 sisa adonan kedua. Saya pake loyang chiffon ukuran 22 cm.

5. Taburi keju parut di atasnya. Banting loyang pelan supaya udara keluar. Panggang di oven dengan suhu 180 C selama 50 menit.

6. Setelah matang segera keluarkan dari oven, kemudian balikkan loyang di botol atau penyangganya supaya uap air ga balik lagi ke cake yg bikin kue jadi kempes lagi.
Biarkan sampe dingin dan terlepas sendiri dari loyang :)

Untuk tips mengocok adonan putih telur saya nemu artikel bagus disini . Karena trickynya disitu, salah kocok atau salah nyiapin bahan bisa bantat cakenya.

Udah deh gitu aja. Chiffon cake keju siap untuk di gasak. Cocok dibuat temen ngopi / teh. Suami, temen kantor, mertua sih suka banget ama kue ini. Dan tiba2 saya berubah jadi menantu jago masak :p

Tidak ada komentar: