Rabu, 16 Februari 2011

oatmeal chocolate chips

Belajar baking belum lengkap rasanya kalo belum coba bikin kue kering. Saya lupa apa yang membuat saya nyangkut di blog ini , yang pasti blognya Mbak Lia sangat menginspirasi saya yang amatir ini utk terus coba belajar masak. Yang saya suka, banyak banget tips dari mbak Lia supaya resepnya anti gagal. Selain itu mbak Lia juga ga pelit berbagi ilmu dan sering bales2in komen2 yang nanya seputar resepnya. Semoga ilmunya berkah ya mbak :)

Salah satu popular post di blog Mbak Lia adalah Chocolate Oatmeal Chips Cookies. Kalo liat dari bahannya sih gampang didapet di warung, kecuali untuk brown sugar ..Kenapa saya baru bikin sekarang? karena akhirnya saya punya juga gelas ukur dengan satuan "cup". Hoooorah!
Kebanyakan resep2 kukis londo itu satuannya cup soalnya..males juga harus convert mengconvert, lagian katanya rawan salah ukur :D

Choc-Oat-Chip Cookies
by Nestle



Bahan:

1 3/4 cups tepung serba guna
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam (optional) --> Saya pake
1 1/4 cups brown sugar --> saya pake palm sugar. Harusnya kalo diganti palm sugar jadi 50:50 antara palm sugar dg gula putih. tapi saya pake palm sugar semua, tetep enak.
1 cup butter atau margarine, suhu ruang --> saya pake margarine 230 gr, butternya msh di kulkas :P
1/2 cup gula pasir
2 butir telur ukuran besar
2 sdm susu cair
2 sdt vanilla extract --> saya pake 1 sdt vanilli bubuk, karena habis
2 1/2 cup oatmeal atau instan oatmeal
2 cup coklat chips --> saya cuma pake sedikit, seabisnya yg ada di lemari
1 cup kacang-kacangan cincang (optional) ---> saya pake almond sesuka hati


Caranya :


Panaskan oven hingga 375 F (saya 190 C)
Dalam wadah, aduk tepung, soda kue dan garam (saya tambah vanilli bubuk). Sisihkan.
Dalam wadah terpisah, masukkan brown sugar, butter/mentega dan gula, kocok dengan mixer hingga creamy. Masukkan telur, susu dan vanilla extract (skip vanilli). Kocok kembali. Lalu masukkan campuran tepung beberapa tahap. Tambahkan oatmeal, coklat chips dan kacang-kacangan. Aduk rata.
Dengan sendok, buat bulatan, susun dalam loyang, beri jarak. (jangan terlalu banyak adonannya karena kue akan membesar saat di panggang)
Panggang selama 9 - 10 menit untuk kue yang lembut dan chewy atau 12 hingga 13 menit untuk kue yang lebih crispy. Dinginkan di loyang selama 1 menit, pindahkan ke rak kawat hingga benar-benar dingin.

Berhubung oven saya agak rese, jadi harus sering ditengok kuenya..karena dengan waktu yg sama, semakin kesini kuenya semakin cepet gosong :( Mungkin karena sudah kepanasan, sementara di oven saya ga ada option api bawah saja.

Oh iya, kalo sudah 9-10 menit tapi kue keliatan masih agak lembek2, biarin aja dikeluarin..asal jangan lsg dipindahkan, karena kue belom set dan rawan patah. Setelah kue dingin di loyang dia akan keras sendiri.

Overall kuenya enak, tapi terlalu manis utk lidah saya..apa pengaruh krn saya pake gula palem semua ya? trus teksturnya agak basah..beberapa yg terlalu kering malah agak gosong. Hmmm...next time better deh ya :)

Ini penampakan pertama kali manggang, kuenya membesar karena adonan yg saya kasih terlalu banyak. LOL.

Tidak ada komentar: